Ayo isi survei online di sini.

Wednesday 24 July 2013

Adobe Creative Cloud (CC) Gantikan Adobe Creative Suite (CS)


Bersamaan dengan berlangsungnya Adobe Max Conference 2013 di Los Angeles Amerika Serikat, Adobe mengumumkan versi terbaru Photoshop pengganti Adobe Photoshop CS6 yaitu Adobe Photoshop CC (Creative Cloud). Seperti telah diperkirakan sebelumnya dengan dimulainya layanan Adobe Creative Cloud oleh Adobe, perlahan-lahan semua aplikasi yang dibuat oleh Adobe mulai diintegrasikan di dalam layanan berbasis cloud milik Adobe ini.  

Dengan adanya era Creative Cloud, era Creative Suite sebagai aplikasi Adobe offline akan berakhir dan semua aplikasi Adobe akan berbasis online. Hal ini akan cukup berdampak besar terutama dalam hal menekan angka pembajakan karena Adobe Photoshop merupakan salah satu dari aplikasi yang paling sering dibajak pada saat ini.

Berikut beberapa fitur baru yang ada pada Adobe Photoshop CC :

1. Camera Shake Reduction.

Fitur ini berfungsi untuk memperbaiki foto yang mengalami camera shake atau kamera yang bergerak pada saat pemotretan dengan shutter speed rendah. Dengan mengaktifkan fitur ini, Adobe Photoshop CC akan memperbaiki foto blur dengan melakukan analisa terhadap gerakan kamera dan menghasilkan koreksi yang diperlukan. Banyak pengamat melihat bahwa fitur ini dapat berarti hilangnya masalah foto blur karena camera shake, namun karena Adobe Photoshop CC masih belum tersedia untuk publik maka belum banyak orang yang bisa melihat sejauh apa hasil koreksi dan perbaikan pada foto dapat dilakukan.

2. Camera RAW sebagai filter.

Di Adobe Photoshop CC, fitur Adobe Camera RAW dapat dipalikasikan sebagai filter pada tiap-tiap layer di dalam dokumen Photoshop. Sebelumnya kita hanya dapat bisa mengakses Adobe Camera RAW pada saat membua dokumen  atau sebagai Smart Object.

3. Camera RAW Radial Filter.

Di versi terbaru ini kita dapat mengaplikasi fitur-fitur retouching pada Adobe Camera RAW pada area berbentuk lingkaran dengan menggunakan fitur baru yaitu Radial Filter. Fitur ini mengadopsi teknik aplikasi filter yang kurang lebih sama dengan di filter keluaran Nik Software.

4. Camera RAW Automatic Upright.

Fitur baru di dalam Camera RAW ini adalah sebuah tool untuk mengkoreksi distorsi perspektif. Sebelumnya kita dapat mengakses fitur ini pada tab Lens Correction, pada versi terbaru ini disediakan tab khusus dengan tambahan kontrol untuk mengatur koreksinya.

5. Metode resampling baru: Preserve Details.

Pada saat kita merubah Image Size di Photoshop maka kita diberikan option metode resampling yatu Bicubic, Bilinear dan Nearest Neighbor. Pada versi Photoshop CC ini Adobe menambahkan metode resampling baru yaitu Preserve Details. Dengan metode ini proses merubah Image Size menjadi lebih baik terutama pada saat melakukan upscaling dari low res ke high res image.

6. Perbaikan pada filter Smar Sharpen.

Filter yang telah ada cukup lama di versi Photoshop sebelumnya ini, pada versi terbaru mengalami perbaikan yang cukup signifikan. Selain interface yang lebih friendly, juga metode dan algoritma yang dipakai menghasilkan proses sharpening yang lebih baik.

7. Properties Panel untuk Shape.

Sebelumya tidak ada option untuk kita melakukan editing pada shape yang telah dibuat sebelumnya dengan Shape Tool. Pada versi terbaru ini di Properties Panel akan diberika option untuk melakukan editing pada properti Shape yang telah dibuat sebelumnya.

8. Isolate Layers.

Fitur ini memungkinkan kita untuk hanya menampilkan layer-layer tertentu saja dari dokumen yang sedang dibuka. Dengan demikian kita dapat bekerja fokus hanya pada layer yang diinginkan tanpa tergganggu dengan elemen-elemen yang terlihat dari layer lainnya.

9. Sync Setting.

Karena Adobe Photoshop CC merupakan aplikasi berbasis cloud computing maka aplikasi ini dapat melakukan proses sinkronisasi untuk penggunaan pada beberapa komputer. Selain itu user tidak perlu pusing lagi dengan upgrade dan update karena proses tersebut akan dilakukan secara otomatis sebagai bagian dari proses Sync tersebut.

10. Koneksi dengan Behance.

Adobe Photoshop CC secara built in memungkinkan untuk melakukan koneksi langsung dengan situs Behance.net sebagai bagian dari fitur yang ada.

Demikian 10 fitur baru dari aplikasi Adobe Photoshop CC (Creative Cloud) sebagai pengganti dari Adobe Photoshop CS6 yang ada sekarang. Yang perlu dicermati adalah bagaimana secara perlahan-lahan namun pasti Adobe akan “memindahkan” seluruh aplikasi yang tadinya berbasis offline yaitu generasi Adobe Creative Suite (CS), menjadi aplikasi online berbasis cloud computing yaitu Adobe Creative Cloud.

sumber: http://fotografidesain.com/2013/05/versi-terbaru-photoshop/

4 comments:

Bersedekahlah juga melalui komentar di sini.

Want to view this blog in an other language? Click button below and select.

Backlinks Generator Gratis bahasinternet Page Rank Check

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service


382749105088705

arsitekartikelblog directoryindonesian palm oilpalm oil investmentherbal