Ayo isi survei online di sini.

Tuesday 29 January 2013

Teknik Kelautan

Apa Itu Teknik Kelautan ?
Teknik Kelautan merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu teknik yang khusus mempelajari tentang pengelolaan dan pemanfaatan laut sebagai sarana dan prasarana transportasi (pelabuhan, kapal, navigasi, dll) maupun sebagai sumber daya (sistem proteksi pantai; pengendalian lingkungan, pencemaran laut, bencana; dll) untuk kesejahteraan umat manusia. Akar keilmuan dari Teknik Kelautan adalah mekanika, dinamika fluida (terutama di lingkungan laut/ocean environtment), dan geologi.

Apa yang Dipelajari di Teknik Kelautan ?
Pada prinsipnya ilmu yang akan dipelajari pada Teknik Kelautan banyak berkaitan dengan ilmu fisika terapan, terutama ilmu mekanika. Sedangkan infrastruktur keairan yang dipelajari mulai dari batas pantai ke laut lepas. Bidang kajian yang akan di bahas dalam Teknik Kelautan antara lain adalah bangunan lepas pantai, proses pantai, bangunan pelindung pantai, teknik perkapalan, akustik bawah laut, hidrodinamika laut, dan penyebaran polutan.

Teknik Kelautan sendiri mempunyai beberapa bidang studi antara lain adalah :
1.   Teknik Pantai
Bidang studi ini berkaitan dengan perancangan fasilitas dan strukutr pantai, identifikasi perilaku kondisi tanah dasar laut, analisa pondasi bangunan laut, perancangan anjungan dengan struktur beton, pengelolaan wilayah pantai, dan sebagainya.
2.   Teknik Lepas Pantai
Bidang studi ini mempelajari tentang teknologi pemanfaatan laut sebagai sumber daya hidrokarbon dan mineral energi, teknologi untuk media transportasi, seperti pipa dan kabel laut.
3.   Manajemen Sumber Daya Kelautan
Bidang studi ini mempelajari pengelolaan terhadap pemanfaatan sumber daya laut agar menjadi lebih optimal dan berkelanjutan.
4.   Energi dan Lingkungan Laut
Bidang studi ini mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan identifikasi kondisi lingkungan laut yang ditinjau dari segi oceanografi dan geologi, pemanfaatan gelombang laut dan pasang surut sebagai sumber energi alternative konversi energi panas lautan, pemecahan masalah pencemaran lingkungan laut, dan sebagainya.

Prospek Lulusan Teknik Kelautan
Sebagian besar lulusan Teknik Kelautan terlibat dalam kegiatan industri galangan kapal seperti PT. PAL Indonesia, PT. Dok Kodja Bahari, PT. Dumas, dan lainnya. Selain itu, lulusan Teknik Kelautan juga tersebar di berbagai bidang industri antara lain seperti: Perusahaan Gas dan Perminyakan, Konsultan Offshore Engineering Asing & Lokal, Kontraktor Offshore Engineering dan Civil Asing dan Lokal, Industri Rancang-Bangun, Lembaga Penelitian dan departemen pemerintahan (Departemen Kelautan dan Perikanan, BAPENAS, PPGL, Dirjen Migas, BPPT, dll), dan sebagainya.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat Teknik Kelautan :

1 comments:

Bersedekahlah juga melalui komentar di sini.

Want to view this blog in an other language? Click button below and select.

Backlinks Generator Gratis bahasinternet Page Rank Check

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service


382749105088705

arsitekartikelblog directoryindonesian palm oilpalm oil investmentherbal